4 Hal yang membuat Video Channel Youtube tak bisa di monetize


Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Di Monetize

Hello guys, kalian punya channel youtube? viewers dan subscribersnya udah banyak tapi belum termonetize (belum bisa menampilkan iklan/menghasilkan uang? sering sekali saya dengar dari temen-temen, orang sekitar, bahkan youtubers lain yang menanyakan "Kenapa kok video saya ga bisa di monetize??" selain karena akun youtube belum terkait dengan akun google adsense inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan video kamu menjadi tidak dapat di monetize.

1. Audio Copyright

Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Di Monetize
Soal lagu, musik atau backsound ini harus super hati hati, ada grey area dimana kamu pikir backsoundnya aman buat di monetize ternyata pas diupload kena "include copyright content". Jika dilihat ternyata yang ngeclaim bukan studio asli, jangan kaget karena di luar negeri ada perusahaan khusus yang memang fungsinya mengawasi copyright. Contoh jika penyanyi Darso ingin lagunya Kabogoh Jauh tidak bisa dimonetize oleh orang lain, maka dia dapat menghubungi perusahaan itu, dan nantinya diurus sehingga jika ada yang mengupload video dengan lagu Kabogoh Jauh akan kena Copyright Content. Jika kamu liat videonya ada iklannya meskipun tidak dapat di monetize, itu uang dari iklan ga akan masuk ke pengupload video, tapi ke perusahaan tadi, dan dibagi persentasi dengan pemilik lagu.

2. Visual Copyright


Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Di Monetize

Akhir akhir ini banyak yang rekam acara di TV lalu upload ke youtube, itu kebanyakan dikasi frame, di zoom, dan di edit edit sehingga resolusinya beda, itu untuk menghindari Visual Copyright, jadi apa yang ditampilkan di video yang diupload ke youtube, maka sistem youtube akan menyamakan konten ID sehingga jika ada video yang mirip dan memiliki copyright maka video itu akan juga terkena "include copyright content", dan uang dari iklan yang muncul masuk ke pemilik copyright dari video itu.

3. Age restricted


Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Di Monetize

Saya pernah upload video model model seksi, khusus 1 channel, dan beberapa video yang view tembus lebih dari 1 juta langsung kena Age Restricted dan akhirnya ga bisa di monetize, karena kebijakan youtube jika sebuah video mengandung unsur untuk dewasa seperti partial nudity, violence, dll maka dia tidak "ads friendly" dan akhirnya tidak dapat di monetize. Contoh skrg banyak chanel bigo live seksi yg bertebaran, memang awal awal masih bisa monetize, tapi semakin besar viewnya, suka ada yang laporin klo kontennya untuk dewasa.

4.Not Eligible for monetization



Ini aneh bin ajaib tapi beberapa video di chanel saya yang kontennya non original mengalami fenomena ini, ga ada alesan yang jelas kenapa, tapi icon dollarnya di coret dan jika mouse diarahkan muncul keterangan not eligible for monetization. Mungkin bisa juga karena tidak ramah pengiklan.

Beberapa point di atas ga bakalan membuat channel kamu terkenal penalty, banned atau suspend, tapi jika pemilik copyright memutuskan untuk memberikan copyright strike kepada channel kamu, maka selama 6 bulan agan tidak dapat memonetize video baru, upload video yang durasi lebih dari 10 menit, dan banyak kekurangan lainnya.

Jadi, itu lah tadi mengapa video kamu engga termonetize sampe sekarang, silahkan dibenahi dan semoga termonetisasi hehehe. Thank you guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar